Edukasi Penanggulangan Covid-19 melalui Lomba Senam, KONI Gunungkidul belum kehabisan akal

Wonosari – Pandemi ternyata bukan halangan bagi KONI dan masyarakat Gunungkidul untuk tetap menggeliatkan kegiatan olahraganya. Bagi KONI, pandemi justru menjadi sebuah tantangan baru untuk tetap memassifkan gaya hidup sehat melalui olahraga.

Mengambil momentum HAORNAS, KONI Gunungkidul menyelenggarakan kegiatan lomba Senam Stay At Home atau bisa disebut Senam SAH. Kegiatan lomba ini selain untuk memassifkan kembali gerakan olahraga ke masyarakat Gunungkidul, juga difungsikan sebagai metode edukasi penanggulangan covid-19 di Kabupaten Gunungkidul. Melalui gerakannya yang memberikan simbol seperti bersih diri berupa cuci tangan dan lainnya, senam SAH ini juga cukup bisa memeriahkan masyarakat Gunungkidul.

Lomba Senam SAH ini mempertandingkan dua kategori, yakni kategori individu dan beregu. Untuk kategori beregu sendiri, total diikuti oleh 18 Kapanewon se-Gunungkidul dengan total peserta 30 tim. Babak penyisihan dilaksanakan di tiga tempat berbeda. Pada 18 September, penyisihan dilaksanakan di Kapanewon Semanu, lalu pada 20 September dilaksanakan di Kapanewon Nglipar dan pada 21 September dilaksanakan di Kapanewon Paliyan. Kemudian, babak final Senam SAH kali ini dilaksanakan tidak kalah meriah. KONI Gunungkidul memilih destinasi pantai sebagai final lomba Senam SAH kali ini.

Babak Final Senam SAH dilaksanakan pada 26 September 2020 yang bertempat di Pantai Mesra Gunungkidul. Di babak final ini, akhirnya KONI Gunungkidul berhasil menemukan dan mengumumkan juara dari perhelatan tersebut, mulai dari kategori beregu, hingga kategori inidividu. Untuk kategori beregu, tim Wonosari A berhasil meraih juara satu dalam perhelatan lomba ini. Kemudian disusul oleh tim dari Playen di posisi kedua, Wonosari B di posisi ketiga, Semanu di Harapan I, Karangmojo di Harapan II dan tim dari Tanjungsari di posisi Harapan III. Lalu untuk di kategori individu, Iin Fatmasari berhasil membawa pulang juara satu. Iin yang beralamtkan di Playen ini berhasil menjuarai kategori individu dengan kriteria penilaian berdasarkan total views dan like tertinggi dikurangi jumlah dislike dari video senam yang di-upload youtube KONI Gunungkidul.

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *